Pencerahan Kehidupan Berakhlak Mulia


Puji syukur kehadirat Allah SWT, karena kita masih diberi kesempatan, nikmat rahmat dan hidayah-Nya, khusunya kedatangan fasilitator Kehidupan Berakhlak dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan. Sambutan kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Pakong mengawali acara pencerahan Kehidupan Berakhlak oleh tim fasilitator dari Dinas Pendidikan Kabupaten pamekasan.
Bapak Bupati sangat prihatin dengan realita yang terjadi dalam kehidupan masa sekarang, oleh karena itu membentuk tim untuk memberikan pencerahan kehidupan berakhlak kepada siswa – siswi kabupaten pamekasan. Karena pelajar pamekasan adalah penerus bangsa yang diyakini oleh bapak bupati adalah pelajar-pelajar yang baik, pintar dan mempunyai semangat tinggi. Jadi harus dibentengi dengan akhlak dan budi pekerti yang baik, agar pelajar pamekasan tidak terjebak dengan hal-hal negatif yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Agar pelajar pamekasan tidak menjadi korban amoral.
Acara yang dilaksanakan tadi pagi sekitar pukul 08.30 merupakan acara sidak sekaligus pencerahan kehidupan berakhlak dari dinas pendidikan kabupaten pamekasan pada sekolah – sekolah di kabupaten pamekasan.
Drs. Nurkodim, M.Si selaku PLH Kepala Dinas Pendidikan kabupaten pamekasan yang bertindak sebagai fasilitator dalam acara tersebut menyampaikan acara tersebut merupakan rasa kasih sayang terhadap semua elemen masyarakat khususnya pelajar. Pengaruh negatif berada sangat dekat dengan kehidupan kita, kalau jaman dahulu kejahatan dilakukan karena memang diniatkan sebelumnya, sekarang tindakan amoral dapat serta merta terlaksana ungkap beliau. Oleh karena itu kita harus membentengi diri dengan akhlak yang baik.
Pesan yang lain dari beliau kepada siswa – siswi SMKN Pakong bahwa siswa SMK dipersiapkan untuk terjun langsung di masyarakat. Semboyan SMK Bisa bukan sekedar konsep kemampuan skill, namun harus dilengkapi dengan akhlak yang baik. Kompetensi yang semakin ketat akhir ini hanya akan diperoleh oleh pribadi – pribadi yang handal dengan ketekunan, ketaatan, kepribadian yang luhur dan tentunya kesabaran. Hard skill bukan menjadi suatu jaminan kesuksesan seseorang, namun soft skill sangat dominan sebagai kunci kesuksesan di era globalisasi sekarang ini. Dengan kepribadian yang luhur hard skill (kemampuan) akan semakin meningkat dan terus meningkat. Hilangkan perasaan untuk melanggar aturan sekecil apapun untuk kesuksesan masa depan
Dalam acara tersebut Drs. Nurkodim juga mengajak semua untuk merenung dan mengingat kedua orang tua, orang tualah yang menyebabkan keberadaan kita sehingga seperti sekarang ini. Mengingat guru, bahwa gurulah yang menyebabkan kita dari tidak bisa menjadi bisa. Beliau juga berpesan kepada siswa – siswi SMKN Pakong agar tekun dalam belajar, selalu berdoa dalam tiap kesempatan, tidak menyalah gunakan teknologi, taat pada peraturan dan takdzim pada orang tua.
Beliau berharap SMKN Pakong dapat menindak lanjuti acara tersebut dengan membentuk tim di sekolah, tim tersebut dapat melibatkan Guru Agama, Guru PKn dan siswa (OSIS). Pesan tersebut direspon positif oleh SMKN Pakong. Dalam tahun ajaran ini SMKN Pakong menambahkan Kurikulum berbasis Anti KKN yang pada kurikulum sebelumnya berbasis IPTEK dan IMTAK yang masih disusun oleh tim kurikulum SMKN Pakong. Program jangka pendek SMKN Pakong menyikapi hal tersebut akan mengundang wali murid dalam pembagian raport semester genap untuk mensosialisasikan penambahan kurikulum berbasis anti KKN, hal tersebut diharapkan menjadi ikatan batin antara sekolah dengan siswa dan para orang tua siswa.

Acara tersebut diakhiri dengan acara bersalaman siswa-siswi dengan segenap dewan guru dan tim fasilitator

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: