PENGUMUMAN HASIL UN MUNDUR


Hasil Ujian Nasional yang dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 12 kemaren, ternyata sampai sekarang tanggal 13 Juni masih belum ada kejelasan. Dari berbagai media yang memberitakan tentang pengumuman hasil UN diberitakan bahwa pengumuman akan ditunda sampai tanggal 15/16 mendatang.

Seperti halnya dalam berita berikut yang dikutip dari http://stembasurabaya.wordpress.com

SURABAYA – Pengumuman hasil ujian nasional (UN) terancam molor.Prediksi itu terlihat dari belum siapnya hasil scoring beberapa sekolah di Jatim.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) juga belum memberikan keputusan resmi terkait pengumuman UN 2009. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim Suwanto menuturkan,kalau melihat prosedur operasional standar (POS) UN, pengumuman bisa dilaksanakan pada 15 Juni 2009.

Cuma,Dindik Jatim saat ini belum mendapatkan kepastian resmi nasib peserta UN yang ada di dua kabupaten di Jatim yang belum melaksanakan ujian ulangan. ”Jadi, kemungkinan molor masih tetap ada, cuma kami tidak mau terjebak pada kesimpangsiuran itu,”ujar Suwanto kemarin.

Untuk pengumumannya hasil UN, Dindik Jatim mewajibkan sekolah mengirim hasil ke tiap rumah siswa sehingga kondisi pengumuman tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat, termasuk pawai keliling kota bisa dihindari. Mantan Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) Jatim itu melanjutkan,pengumuman UN yang dilakukan di sekolah bisa menjadikan suasana kacau.

Pawai keliling kota bisa membawa korban, baik itu siswa sendiri maupun pengguna jalan yang lain. Dindik Jatim juga tidak mau keterlambatan pengumuman UN bisa mengganggu pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB) di tiap kabupaten/kota.”Kami tetap mengupayakan pengumuman UN sesuai dengan POS yang sudah ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),”imbuhnya.

Sementara itu, BSNP akhirnya menetapkan jadwal UN pengganti bagi sekitar 5.000 siswa dari 36 sekolah yang diindikasikan terjadinya kecurangan. Ujian pengganti akan dilaksanakan mulai hari ini (10/6) hingga Senin (15/6) depan. ”Setelah rapat BSNP yang dilakukan pada Senin (8/6) sore, kami memutuskan UN pengganti akan dilakukan pada 10 hingga 15 Juni,” kata Ketua BSNP Mungin Eddy Wibowo ketika dihubungi Seputar Indonesiakemarin.

Mungin mengatakan, surat keputusan (SK) No 1789/BSNP/VI/ 2009 tentang penetapan jadwal UN pengganti kemarin telah dikirim ke sekolah yang menggelar UN pengganti.”Kami juga telah menelepon kepala dinas kabupaten atau kota soal jadwal ujian pengganti ini,”terangnya. Dia menyatakan, BSNP telah menyiapkan soal-soal ujiannya.

Soal telah dikirim ke sekolah masing- masing yang menyelenggarakan ujian pengganti.Terkait pelaksanaannya sendiri,Mungin menyatakan, tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan UN pada umumnya. Diketahui,BSNP memutuskan menyelenggarakan UN pengganti di 36 sekolah yang terdiri atas 18 SMA dan 18 SMP yang tersebar di 13 kabupaten.

Keputusan itu menyusul dugaan pelanggaran prosedur operasional standar (POS) UN. Dari laporan dan investigasi majelis rektor, tim pengawas independen (TPI) dan Inspektorat Jenderal (Itjen) Depdiknas,di sekolahsekolah tersebut diduga terjadi pelanggaran secara sistematis yang berindikasi kecurangan sehingga ujian dinyatakan tidak sah.

Para siswa pun diberikan kesempatan untuk mengikuti UN pengganti. Menurut Mungin, siswa yang terbukti melakukan kecurangan, tetap diperbolehkan mengikuti UN pengganti. Hal itu, kata dia, diserahkan kepada satuan pendidikan tempat dia belajar. ”Kami serahkan ke satuan pendidikannya.

Sebab,kami belum menetapkan kelulusan siswa,” ujarnya.Keputusan kelulusan peserta UN sendiri secara nasional akan diumumkan pada 16 Juni. Sebelumnya, Mendiknas Bambang Sudibyo menuturkan, UN pengganti yang direkomendasikan oleh BSNP ini dilaksanakan untuk melindungi sekitar 5.000 siswa yang jujur dan menjadi korban dari perbuatan oknum siswa,guru, dan panitia yang berbuat curang dalam pelaksanaan UN tahun ini. (SINDO)

semua siswa SMK Negeri Pakong berharap cemas dengan hasil pengumuman tersebut. Semoga saja hasil pengumuman nanti seperti apa yang diharapkan. Semua siswa SMK Negeri Pakong mendapat predikat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Walau hasil UN belum diumumkan, beberapa siswa telah meluapkan kegembiraan kelulusan mereka dengan melakukan aksi corat-coret baju seragam yang sudah lazim dilakukan sebagai tanda dan luapan kegembiraan atas kelulusan mereka, padahal hasil UN belum diumumkan. Bagaiman seandainya kalau hasil yang keluar tidak seperti apa yang diharapkan

Untuk info bagaimana hasil pengumuman UN SMK Negeri Pakong ikuti terus perkembangan blog ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: