Pecahan 2000 Resmi Diterbitkan


uang kertas 2000VIVAnews – Bank Indonesia resmi menerbitkan uang kertas baru pecahan Rp 2.000 sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia pada 9 Juli lalu. Uang bergambar Pangeran Antasari itu sudah mulai beredar di masyarakat.

Bank Indonesia telah mendistribusikan uang kertas baru itu ke sejumlah bank. “Sejak akhir Juli lalu, sudah mulai diedarkan,” kata seorang staf Bank UOB Buana, Kamis 13 Agustus 2009.

Masyarakat bisa mendapatkan uang kertas baru itu langsung ke Bank Indonesia. Namun, penukaran uang kertas pecahan Rp 2.000 itu juga dapat dilakukan di sejumlah bank lainnya. “Jumlahnya masih terbatas,” ujarnya.

Seiring peredaran uang kertas Rp 2.000 itu, pemerintah akan menarik secara perlahan uang kertas pecahan Rp 1.000. “Informasi yang kami terima demikian.”

Riri, karyawan swasta yang tinggal di kawasan Radio Dalam, mengatakan, telah mendapat uang kertas baru itu sejak akhir Juli lalu. “Tapi saya baru punya lima,” ujarnya.

Uang kertas baru pecahan Rp 2.000 berwarna dominan abu-abu dengan unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari. Uang juga dilengkapi benang pengaman bertuliskan BI2000 berulang-ulang yang tertanam di kertas uang. Di bawah sinar ultraviolet, benang akan memendar merah.

Uang kertas pecahan baru ini juga mengakomodasi kebutuhan para tuna netra dengan menyediakan kode tertentu (blind code) di samping kanan bagian muka uang yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: