DIKLAT TEATER SABDA ANGKATAN II SMKN 1 PAKONG


teater sabda

Sejak siang, senior teater sabda sudah pada sibuk mempersiapkan segala hal untuk pelaksanaan Diklat bagi para anggota junior yang terdiri dari para siswa kelas satu dan kelas dua SMKN 1 PAKONG. Mulai dari mempersiapkan panggung, dekorasi dan lain sebagainya untuk acara awal sebelum diklat dilaksanakan.

Acara diklat dimulai tepat pukul 19.00 WIB, pas dech buat acara malam mingguan sambil mengasah kemampuan dalam berakting.

Diklat dibuka secara langsung oleh kepala SMKN 1 Pakong Moh. Syaffak, S.Pd. sebagai seorang yang juga memiliki pengalaman dan kemampuan dibidang teatrikal, dalam pesan yang disampaikan kepada seluruh peserta teater beserta undangan yang terdiri dari organisasi lain masih dilingkungan SMKN 1 Pakong. Pesan moral yang disampaikan kepala sekolah dikemas dalam sebuah cerita. Administrator mencoba mengutip cerita tersebut dan kurang lebih hasil kutipan sebagai berikut :

“Disebuah desa hidup seorang wanita tua yang hidup dengan sederhana dan kebiasaan sehari-harinya adalah mengambil air dari sungai yang berada tidak jauh dari rumah dimana nenek tersebut tinggal. Dalam mengambil air tersebut si nenek mempergunakan dua ember dimana satu ember adalah ember yang sudah retak, sehingga setiap mengambil air maka hanya separuh dari isi ember tersebut yang sampai dirumah, separuhnya lagi jatuh berceceran di sepanjang jalan yang dilaluinya. Suaut hari setelah beberapa lama si ember retak membantu nenek untuk membawa air dari sungai kerumah bilang dengan si nenek, karena dia sudah merasa tidak berguna dan tidak dapat membantu si nenek secara penuh. Air yang dibawa si nenek dengan ember retak tersebut separuh tumpah dan si ember retak meminta pada si nenek agar dipensiunkan mengangkut air dari sungai. Namun apa jawab si nenek?????? Justru dengan ember yang retak menyebabkan air tercecer di sepanjang jalan dari sungai menuju rumah, karena air yang tercecer tersebut dimanfaatkan oleh si nenek untuk menanam bunga-bunga di sepanjang jalur tersebut yang kini sudah pada bermekaran dan memberikan keindahan di sepanjang jalan yang setiap hari disirami oleh ceceran ember retak. Ranum dan indah sepanjang jalan itu serta semerbak wanginya menghiasi rumah dan pekarangan rumah si nenek berkat si ember retak.”

Sepintas cerita yang disampaikan kepala SMKN 1 Pakong dalam membuka acara tersebut adalah cerita tidak berguna, namun jika kita kaji lebih mendalam lagi kita akan menemukan pesan tersembunyi dibalik cerita tersebut. Tidak ada manusia yang sempurna, namun dengan kekurangan itu haruslah dapat memberikan manfaat dan meninggalkan hal baik bagi yang dilewatinya seperti ember retak yang menjadikan jalan yang disiramnya setiap hari menjadi tanah yang subur dan ditumbuhi bunga-bunga yang harus semerbak dikemudian hari.

Acara dilanjutkan dengan pementasan seni hasil kreasi teater sabda senior dibawah bimbingan Achmad Suaidi, S.Pd. selaku guru bahasa Indonesia di SMKN 1 Pakong. Dalam pentas seni tersebut teater sabda menampilkan sebuah karya bertajuk manusia lumpur (namun sayangnya tidak ada dokumentasi berupa video dalam kegiatan ini) sehingga kami tidak dapat menampilkan pentas seni dan acara yang lain dalam bentuk video.

Acara api unggunan sebagai satu acara pokok dalam setiap diklat juga dilaksanakan dalam acara tersebut, dengan membakar kayu bakar ala kadarnya yang dikumpulkan dari lingkungan sekitar sekolah pada siang harinya.

Acara malam sampai pagi adalah jurit malam yang berlangsung sampai subuh dan acara tadi padi ditutup dengan upacara penutupan.

Semua peserta diklat dan para pembimbing kembali kerumah masing-masing dengan rasa lelah dan kantuk yang cukup namun semangat tetap berkobar.

TEATER SABDA, MAJU TERUS…………

AKTING, SIAPA TAKUT…………………………

3 Tanggapan

  1. kta tnggu bkat teaterx ssw/sswi smk pakong yg mo nglanjutin k unira ……. kmbangkan truss bkat yang kalian miliki karena semua orang tidak mampunyai kemampuan yang sam kayak kalian ……. mju trus smkn pakong ……….

  2. stu lgi pak koq PA(pencinta alam) tdak di masukin kedlam webx kyknya krang lengkap gitu pak …………… klo bsa PA jg d mskin d dlam webx pak ……… biar PA smkn pakong lebih ter kenal di dunia …. he he he …….

    • ada kok posting tentang kompass pada postingan oktober
      silahkan dicek disini
      https://smknpakong.wordpress.com/2009/10/28/diklat-scrub-pecinta-alam-smkn-1-pakong-kompass/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: